Tugas pokok dan fungsi

TUGAS

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga.

 

FUNGSI

1.   Perumusan kebijakan teknis di bidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga.

2.   Penyusunan perencanaan program dan anggaran di bidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga;

3.   Pelaksanaan di bidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga;

4.   Pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan dibidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga;

5.   Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan di bidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga;

6.   Pembinaan penyelenggaraan di bidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga;

7.   Pembinaan UPTD;

8.   Pelaksanaan administrasi di bidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga daerah;

9.   Penyusunan dan perumusan laporan kinerja secara periodik kepada Bupati; dan

10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

SEKRETARIS

Tugas

Membantu Kepala Dinas dalam menyusun kebijakan, mengkoordinasikan bidang-bidang, membina, melaksanakan dan mengendalikan administrasi umum, keuangan, sarana prasarana, ketenagaan, kerumahtanggaan dan kelembagaan.

 

Fungsi

  1. Penyusunan rancangan kebijakan dinas;
  2. Pengoordinasian pelaksanaan tugas bidang-bidang dan UPTD;
  3. Penyusunan program dan pelaporan pengelolaan sistem informasi, pemantauan dan evaluasi kegiatan dinas;
  4. Pelaksanaan pembinaan, pergelolaan dan pengendalian administrasi umum, keuangan, sarana prasarana, ketenagaan, kerumahtanggaan, dan kelembagaan;
  5. Pengoordinasian penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan bidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga;
  6. Pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyrurat, kearsipan, hubungan masyarakat, dokumentasi dan perpustakaan;
  7. Pelaksanaan analisis jabatan dan beban kerja;
  8. Pengoordinasian penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan dinas; ..
  9. Penyusunan profil dinas; dan
  10. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kebijakan dinas.

 

KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di sub bagian umum dan kepegawaian;
  2. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan kegiatan surat menyurat, pelaksanaan kearsipan dan ekspedisi, pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan, pengelolaan asset, penyelenggaraan urusan perpustakaan, informasi dan dokumentasi, pengelolaan urusan administrasi kepegawaian, pembinaan jabatan fungsional, dan evaluasi kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara;
  3. Pengelolaan urusan surat menyurat, legalisasi ijzah dan surat keterangan ijazah rusak/ hilang,kearsipan dan ekspidisi, urusan rumah tangga dan perlengkapan, asset, perpustakaan, informasi dan dokumentasi, administrasi kepegawaian;
  4. Penyiapan bahan pembinaan jabatan fungsional dan bahan atau perangkat evaluasi  kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara;
  5. Penyiapan bahan pelaksanaan analisis jabatan dan beban kerja;
  6. Penyiapan bahan pengelolaan absensi sidik jari on-line dan e-kinerja;
  7. Penyiapan bahan penyusunan pelaporan kegiatan surat menyurat, pelaksanaan kearsipan dan ekspedisi, pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan, pengelolaan asset, penyelenggaraan urusan perpustakaan, informasi dan dokumentasi, pengelolaan urusan administrasi kepegawaian, pembinaan jabatan fungsional, dan evaluasi kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.

 

KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di sub bagian keuangan;
  2. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan kegiatan verifikasi, penatausahaan, perbendaharaan dan pembukuan keuangan;
  3. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan urusan akutansi dan pelaporan keuangan;
  4. Pengelolaan pelaksanaan kegiatan verifikasi, penatausahaan, perbendaharaan, dan pembukuan keuangan;
  5. Pengelolaan urusan akutansi dan pelaporan keuangan;
  6. Penyiapan bahan tanggapan pemeriksaan;
  7. Penyiapan bahan penyusunan laporan verifikasi, penatausahaan, perbendaharaan, dan pembukuan keuangan, pengelolaan urusan akutansi dan pelaporan keuangan serta hasil tanggapan pemeriksaan;
  8. Pengelolaan penyaluran dana Tambahan Penghasilan Guru non sertifikasi;
  9. Penyiapan bahan bimbingan teknis tentang pengelolaan dana pengadministrasi keuangan kepada UPTD dan lembaga.

 

KEPALA SUB BAGIAN PENYUSUNAN PROGRAM

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di sub bagian penyusunan program;
  2. Penyiapan bahan penyusunan program kegiatan dinas dan anggaran;
  3. Penyiapan bahan pemantauan, pengelolaan sistem informasi dan evaluasi;
  4. Penyiapan bahan penyusunan profil dinas pendidikan;
  5. Fasilitasi pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pendidikan dasar;
  6. Penyiapan bahan pelaporan pelaksanaan program dan anggaran;
  7. Pengelolaan data pokok pendidikan(dapodik);
  8. Pengelolaan NPSN dan NISN.

 

KEPALA BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN MASYARAKAT, PEMUDA DAN OLAHRAGA

Tugas

Membantu Kepala Dinas dalam lingkup pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap kegratan belajar mengajar; penerapan kurikulum; pembinaan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas).

 

Fungsi

  1. Penyusunan program kerja jangka pendek, menengah dan panjang;
  2. Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan dalam lingkup bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Pemuda dan Olahraga;
  3. Pendataan penyelenggaraan kegiatan bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Pemuda dan Olahraga;
  4. Pembinaan teknis dan peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Pemuda dan Olahraga;
  5. Penyaluran dan pengelolaan subsidi dan bantuan bidang Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Pemuda dan Olahraga sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku;
  6. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan terhadap pemanfaatan subsidi dan bantuan yang disalurkan;
  7. Pelaksanaan kordinasi dengan instansi terkait dalam rangka peningkatan bidang Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikmas), pemuda dan olahraga;
  8. Penyusunan juklak penilaian hasil belajar dan evaluai pelaksanaan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikmas) dan pendidikan kesetaraan;
  9. Pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengelolaan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikmas), pemuda dan olahraga;
  10. Penyusunan laporan pelaksanaan tugas bidang;
  11. Pertanggungjawaban pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikmas), pemuda dan olahraga; dan
  12. Pelaksanaan administrasi dan tata usaha Bidang Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikrnas), Pemuda Dan Olahraga.

 

KEPALA SEKSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi Pendidikan Anak Usia Dini;
  2. Pengendalian mutu dan dampak program pendidikan anak usia dini;
  3. Pengelolaan ijin operasional pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan oleh masyarakat;
  4. Penyiapan bahan pemantauan/monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran pendidikan anak usia dini;
  5. Penyiapan bahan pengembangan dan penetapan kurikulum muatan lokal pendidikan anak usia dini;
  6. Penyiapan bahan sosialisasi, pemantauan/ monitoring dan evaluasi penerapan kurikulum pendidikan anak usia dini;
  7. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan anak usia dini;
  8. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan anak usia dini;
  9. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengelolaan pendidikan anak usia dini;
  10. Penyiapan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan penilaian hasil belajar dan evaluasi pendidikan anak usia dini;
  11. Penyiapan bahan pengelolaan bantuan dan subsidi pendidikan anak usia dini;
  12. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program kegiatan pendidikan anak usia dini.

 

KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MASYARAKAT (DIKMAS)

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi Pendidikan Masyarakat;
  2. Pengendalian mutu dan dampak program pendidikan masyarakat;
  3. Pengelolaan ijin operasional pendidikan masyarakat;
  4. Penyiapan bahan pemantauan/monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran pendidikan masyarakat;
  5. Penyiapan bahan pengembangan dan penetapan kurikulum muatan lokal pendidikan masyarakat;
  6. Penyiapan bahan sosialisasi, pemantauan/ monitoring dan evaluasi penerapan kurikulum pendidikan masyarakat;
  7. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan masyarakat;
  8. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan masyarakat;
  9. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengelolaan pendidikan masyarakat;
  10. Penyiapan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan penilaian hasil belajar dan evaluasi pendidikan masyarakat;
  11. Penyiapan bahan pengelolaan bantuan dan subsidi pendidikan masyarakat;
  12. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program kegiatan pendidikan masyarakat.

 

KEPALA SEKSI PEMUDA DAN OLAHRAGA

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi Pemuda dan Olahraga;
  2. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan kegiatan kepemudaan dan olahraga;
  3. Penyiapan bahan pembinaan, pemantauan, dan evaluasi kegiatan kepemudaan dan olahraga;
  4. Fasilitasi pelaksanaan kegiatan kepemudaan dan olahraga dalam rangka peningkatan prestasi pemuda dan olahraga;
  5. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan peningkatan mutu kegiatan kepemudaan dan olahraga;
  6. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan peningkatan kulaitas sarana prasarana kegiatan kepemudaan dan olahraga;
  7. Penyiapan bahan pengelolaan bantuan dan subsidi kegiatan kepemudaan dan olahraga;
  8. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengelolaan kegiatan kepemudaan dan olahraga;
  9. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program kegiatan kepemudaan dan olahraga.

 

KEPALA BIDANG PENDIDIKAN DASAR

Tugas

melaksanakan sebagian tugas dan fungsi dinas dalam lingkup pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan belajar mengqjar; peserta didik, implementasi kurikulum; pembinaan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

 

Fungsi

  1. Penyusunan program kerja jangka pendek, menengah dan panjang.
  2. Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOp) kegiatan dalam lingkup pendidikan dasar;
  3. Penyusunan kalender pendidikan;
  4. Pengelolaam izin pendirian, pembinaan dan pengembangan kelembagaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  5. Perencanaan dan pelaksanaan pembinaan kegiatan kesiswaan baik akademik maupun non akademik;
  6. Penyusunan juklak dan juknis pengelolaan peserta didik dan kegiatan kesiswaan;
  7. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan belajar mengajar dan penerapan kurikulum pada tingkat pendidikan dasar;
  8. Pengendalian pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, dan mutasi peserta didik;
  9. Pelaksanaan program dan kegiatan pengembangan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dan satuan pendidikan dasar ;
  10. Pendayagunaan Pengawas Sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dasar;
  11. Pengelolaan subsidi dan bantuan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  12. Peningkatan kapasitas dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan;
  13. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Pendidikan dasar;
  14. Pelaksanaan kordinasi dengan instansi terkait dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dasar;
  15. Pelaksanaan administrasi dan tata usaha Bidang Pendidikan Dasar.

 

KEPALA SEKSI SEKOLAH DASAR

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi Sekolah Dasar;
  2. Penjaminan  mutu pendidikan di sekolah dasar sesuai Standar Nasional Pendidikan;
  3. Pengelolaan ijin operasional  sekolah dasar yang diselenggarakan oleh masyarakat;
  4. Penyiapan bahan pemantauan/monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran sekolah dasar;
  5. Penyiapan bahan pengembangan dan penetapan kurikulum muatan lokal sekolah dasar;
  6. Penyiapan bahan sosialisasi, pemantauan/ monitoring dan evaluasi penerapan kurikulum sekolah dasar;
  7. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pada sekolah dasar;
  8. Penyiapan bahan penyusunan panduan, pemantauan, evaluasi dan fasilitasi kegiatan  penerimaan peserta didik baru;
  9. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengelolaan pendidikan di sekolah dasar;
  10. Penyiapan bahan penyusunan kalender pendidikan, petunjuk pelaksanaan penilaian hasil belajar dan evaluasi sekolah dasar;
  11. Fasilitasi mutasi siswa sekolah dasar;
  12. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program kegiatan di Sekolah Dasar.

 

KEPALA SEKSI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi Sekolah Menengah Pertama;
  2. Penjaminan mutu pendidikan di sekolah menengah pertama sesuai Standar Nasional Pendidikan;
  3. Pengelolaan ijin operasional  sekolah menengah pertama  yang diselenggarakan oleh masyarakat;
  4. Penyiapan bahan pemantauan/monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran sekolah menengah pertama;
  5. Penyiapan bahan pengembangan dan penetapan kurikulum muatan lokal sekolah menengah pertama;
  6. Penyiapan bahan sosialisasi, pemantauan/ monitoring dan evaluasi penerapan kurikulum sekolah menengah pertama;
  7. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pada sekolah menengah pertama;
  8. Penyiapan bahan penyusunan panduan, pemantauan, evaluasi dan fasilitasi kegiatan  penerimaan peserta didik baru;
  9. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengelolaan pendidikan di sekolah menengah pertama;
  10. Penyiapan bahan penyusunan kalender pendidikan, petunjuk pelak sanaan penilaian hasil belajar dan evaluasi sekolah menengah pertama;
  11. Fasilitasi mutasi siswa sekolah menengah pertama;
  12. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program kegiatan di sekolah menengah pertama.

 

KEPALA SEKSI KESISWAAN PENDIDIKAN DASAR

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi kesiswaan pendidikan dasar;
  2. Pengendalian dan fasilitasi kegiatan kesiswaan pendidikan dasar;
  3. Penyiapan bahan pemantauan/monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kesiswaan pendidikan dasar;
  4. Penyiapan bahan pengelolaan subsidi dan bantuan siswa (peserta didik) pendidikan dasar;
  5. Penyiapan bahan pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan peserta didik dalam bidang ekstrakurikuler dan kesenian;
  6. Fasilitasi kegiatan penerimaan peserta didik baru pendidikan dasar dan pengenalan lingkungan sekolah;
  7. Penyiapan bahan penyusunan pelaporan pelaksanaan program kegiatan kesiswaan pendidikan dasar.

 

KEPALA BIDANG KETENAGAAN

Tugas

melaksanakan sebagran tugas dan fungsi dinas dalam lingkup perencanaan, pengadaan, pembinaan, pengawasan dan pengelolaan ketenagaan.

 

Fungsi

  1. Penyusunan program kerja jangka pendek, menengah dan panjang;
  2. Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan bidang ketenagaan;
  3. Perencanaan formasi kebutuhan, penataan dan penempatan, serta pembinaan pegawai;
  4. Penyiapan pengusulan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, izin cuti, izin belajar/ tugas belajar, mutase, pemberhentian, pensiun, Kartu Pegawai, dan ujian dinas dan penyesuaian ijazah Pegawai Aparatur Sipil Negara;
  5. Penyusunan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) dan pengelolaan Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara;
  6. Pengelolaan dan pengusulan pemberian penghargaan pegawai berprestasi;
  7. Pengelolaan subsidi dan bantuan pegawai sesuai peraturan perundang-undangan;
  8. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan peraturan peraturan kepegawaian ;
  9. Pengelolaan sertilikasi guru;
  10. Pengelolaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pembelajar;
  11. Pengelolaan Uji Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK);
  12. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang;
  13. Pelaksanaan administrasi dan tata usaha Bidang Ketenagaan.

 

KEPALA SEKSI GURU

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi guru;
  2. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan kebutuhan, pengadaan, penataan dan penempatan guru;
  3. Penyiapan bahan pengusulan CPNS menjadi PNS, penetapan jabatan fungsional guru, kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat, mutasi, kartu pegawai, penyesuaian ijazah,dan  peninjauan masa kerja;
  4. Penyiapan bahan mutasi, promosi dan perekaman data kepala TK, SD, SMP Negeri sebagai bahan penilaian evaluasi kinerja kepala sekolah;
  5. Penyiapan bahan dan fasilitasi pengelolaan program induksi guru pemula;
  6. Pengelolaan penilaian berkas Penetapan Angka Kredit (PAK) guru;
  7. Penyiapan bahan bimbingan teknis dan pengelolaan penilaian prestasi kerja guru dan kepala sekolah;
  8. Penyiapan bahan pengelolaan tunjangan guru;
  9. Penyiapan bahan pengusulan alih fungsi/alih tugas guru;
  10. Peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru;
  11. Penyiapan bahan pelaporan pelaksanaan program kegiatan di seksi guru.

 

KEPALA SEKSI TENAGA KEPENDIDIKAN

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi tenaga kependidikan;
  2. Penyiapan bahan pelaksanaan analisis jabatan dan beban kerja;
  3. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan kebutuhan, pengadaan  penataan dan penempatan tenaga kependidikan;
  4. Penyiapan bahan pengusulan CPNS menjadi PNS, kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat, mutasi, kartu pegawai, penyesuaian ijazah, peninjauan masa kerja dan ujian dinas kenaikan pangkat;
  5. Penyiapan bahan bimbingan teknis dan pengelolaan penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan;
  6. Penyiapan bahan pengelolaan tambahan penghasilan pegawai dari APBD;
  7. Penyiapan bahan pengelolaan absensi sidik jari online dan e-kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan;
  8. Penyiapan bahan penyusunan Daftar Urut Kepangkatan pegawai;
  9. Peningkatan kompetensi dan profesionalitas tenaga kependidikan;
  10. Penyiapan bahan pelaporan pelaksanaan program kegiatan di seksi tenaga kependidikan.

 

KEPALA SEKSI PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KARIR

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi pembinaan dan pengembangan karir;
  2. Penyiapan bahan pengusulan karis/karsu, ijin/tugas belajar, ijin perkawinan/perceraian, cuti, kartu taspen, pemberhentian dan pensiun, peningkatan kualifikasi, penghargaan pegawai;
  3. Penyiapan bahan pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan;
  4. Penyiapan bahan pelaksanaan dan pengelolaan untuk mendapatkan sertifikat pendidik;
  5. Penyiapan pelaksanaan kegiatan uji kompetensi guru dan tenaga kependidikan;
  6. Seleksi dan pembinaan guru dan tenaga kependidikan berprestasi;
  7. Penyiapan bahan pelaksanaan seleksi jabatan fungsional tertentu (penilik, pamong belajar, kepala sekolah, pengawas sekolah) dan jabatan struktural
  8. Penyiapan pelaksanaan sertijab Kepala UPTD;
  9. Penyiapan bahan pengusulan/ pengiriman diklat peningkatan kompetensi dan profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan;
  10. Penyiapan bahan pelaporan pelaksanaan program kegiatan seksi pembinaan dan pengembangan karir.

 

KEPALA BIDANG SARANA PRASARANA, FASILITASI DAN PENGEMBANGAN

Tugas

melaksanakan sebagian tugas dan fungsi dinas dalam lingkup perencanaan, pengadaan, pemeliharaan dan pengadministrasian sarana dan prasarana pendidikan dasar dan pelaksanaan bantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pendidikan menengah, pendidikan khusus dan Pendidikan layanan khusus, dewan pendidikan dan madrasah diniyah.

 

Fungsi

  1. Penyusunan program kerja jangka pendek, menengah dan panjang;
  2. Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan bidang;
  3. Penyusunan kebijakan teknis terkait dengan perencanaan, pengadaan, pemeliharaan dan pengadministrasi sarana dan prasarana pendidikan dasar;
  4. Pelaksanaan inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan dasar;
  5. Penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan dasar dan pemenuhannya minimal sesuai Standar Pelayanan Miniman (SPM);
  6. Pemantauan kondisi sarana dan prasarana pendidikan dasar, koordinasi penyiapan dan pengadaan, distribusi dan pemeliharaan / perawatan sarana dan prasarana pendidikan dasar;
  7. Pemberian bimbingan teknis penggunaan, pemeliharaan dan pengelolaan sarana prasarana, fasilitasi, dan pengembangan ;
  8. Pengelolaan subsidi dan bantuan terkait dengan sarana dan prasarana sesuai peraturan perundang-undangan;
  9. Pengelolaan subsidi dan bantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Derah (APBD) untuk pendidikan menengah, pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus, operasional dewan pendidikan dan madrasah diniyah;
  10. Penyusunan laporan seksi;
  11. Penyiapan bahan dan pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan sarana prasarana pendidikan dasar dan pengelolaan subsidi/bantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pendidikan menengah, pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus, operasional dewan pendidikan dan madrasah diniyah;
  12. Pelaksanaan administrasi dan tata usaha Bidang Sarana prasarana, Fasilitasi dan Pengembangan.

 

KEPALA SEKSI SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DASAR

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi Sarana Prasarana Sekolah Dasar;
  2. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan kebutuhan dan pemenuhan sarana prasarana sekolah dasar minimal sesuai SPM;
  3. Penyiapan pengadaan pemenuhan sarana prasarana sekolah dasar;
  4. Penyiapan bahan bimbingan teknis pemeliharaan sarana prasarana sekolah dasar;
  5. Penyiapan bahan bimbingan teknis pengadministrasian sarana prasarana sekolah dasar;
  6. Penyiapan bahan pemantauan/monitoring dan evaluasi sarana prasarana sekolah dasar;
  7. Pendataan dan pengecekan langsung kondisi sarana prasarana sekolah dasar;
  8. Pengadministrasian aset sekolah dasar.
  9. Penyiapan bahan pelaporan pelaksanaan program seksi.

 

KEPALA SEKSI SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi Sarana Prasarana Sekolah Menengah Pertama;
  2. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan kebutuhan dan pemenuhan sarana prasarana sekolah menengah pertama minimal sesuai SPM;
  3. Penyiapan pengadaan pemenuhan sarana prasarana sekolah menengah pertama;
  4. Penyiapan bahan bimbingan teknis pemeliharaan sarana prasarana sekolah menengah pertama;
  5. Penyiapan bahan bimbingan teknis pengadministrasian sarana prasarana sekolah menengah pertama;
  6. Penyiapan bahan pemantauan/monitoring dan evaluasi sarana prasarana sekolah menengah pertama;
  7. Pendataan dan pengecekan langsung kondisi sarana prasarana sekolah menengah pertama;
  8. Pengadministrasian aset sekolah menengah pertama.;
  9. Penyiapan bahan pelaporan pelaksanaan program seksi.

 

KEPALA SEKSI FASILITASI DAN PENGEMBANGAN

  1. Penyiapan bahan penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) pelayanan di seksi Fasilitasi dan Pengembangan;
  2. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan dana bantuan dari APBD untuk pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan layanan khusus;
  3. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan dana bantuan  untuk madrasah diniyah;
  4. Pengelolaan administrasi dan penatausahaan pelaksanaan penyaluran bantuan yang dikelola seksi fasilitasi dan pengembangan;
  5. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan pengelolaan bantuan yang dikelola seksi fasilitasi dan pengembangan.

 


Informasi Lainnya

Kontak Kami

Copyright © 2022 |